No comments yet

Wisata Alam Air Terjun Gerojogan Lepo Imogiri Nan Cantik

Wisata Alam Air Terjun Grojogan Lepo yang terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul terlihat mungil dan cantik! Nama Lepo itu sendiri adalah singkatan dari Ledok Pokoh, yang artinya lembah di Dusun Pokoh. Air terjun Lepo ini memiliki satu kolam alami yang bisa buat berenang atau bermain air, mirip dengan Erawan Falls di Erawan National Park, Thailand.

Grojogan Lepo ini terletak di selatan kota Yogyakarta yang dapat ditempuh dengan dua cara untuk sampai kesana. Yang pertama, jika wisatawan dari arah timur atau wilayah Wonosari, bisa melalui  Dlingo Pathuk, Gunungkidul. Selain itu, bagi para pengunjung yang berasal dari utara atau barat, akan lebih mudah jika melalui Jalan Imogiri Timur menuju ke Dlingo. Keduanya akan sampai di Pasar Dlingo, dari sini kita akan menemukan kantor kecamatan dan menuju Dusun Pokoh 1. Jalan cor blok akan menuntun kita untuk sampai ke tempat tujuan.

Kondisi yang masih alami dan sepi menjadi nilai tambah bagi air terjun ini. Beberapa gubug yang kemungkinan digunakan untuk berjualan oleh warga sekitar juga terlihat di sana. Suara gemericik air yang semakin terdengar jelas akan menyambut kedatangan para wisatawan. Dari kejauhan akan terlihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin mendekat pengunjung akan  disambut oleh sebuah kedung atau kolam yang lumayan luas untuk berenang dengan air yang mengalir tenang.

Wisata Alam Air Terjun Gerojogan Lepo Imogiri Nan CantikGrojogan Lepo tidak seperti air terjun lainnya, untuk sampai ke air terjunnya harus menuruni sungai. Grojogan Lepo ini terdiri dari tiga tingkatan besar di mana di setiap tingkatan memiliki kedung tersendiri yang cocok untuk bermain air.

Tingkatan pertama merupakan tingakatan paling cantik. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing batu kapur dengan tekstur yang unik menjadikannya seperti air terjun pribadi yang cocok dinikmati satu dua orang saja. Kedung pada air terjun ini pun tidak dalam sehingga kita bisa melihat dasarnya. Airnya yang jernih dan kombinasi bentuk batuan kapur yang unik membuatnya terlihat cantik dan memikat.

Tingkatan kedua merupakan tingkatan paling unik. Di sini bebatuan yang ada seolah-olah dibuat oleh manusia. Mereka berbentuk balok-balok besar yang tersusun rapi. Sama halnya dengan tingkatan pertama, kedung pada tingkatan kedua ini juga bisa digunakan untuk bermain air.

Tingkatan terakhir dari Grojogan Lepo ini merupakan yang paling alami. Bentuknya seperti air terjun pada umumnya namun memang tidak terlalu tinggi. Di sini juga terlihat kedung yang lebih dalam dan luas dibandingkan dengan kedung-kedung sebelumnya.

Secara keseluruhan Grojogan Lepo ini merupakan salah satu air terjun mungil nan cantik. Tiap tingkatan memberikan kesan yang berbeda. Para pengunjung juga dapat bermain air dengan bebas di sini. Suasana yang masih alami sangat cocok untuk melepas lelah.

Sumber : travel.detik.com

Post a comment