No comments yet

Menatap Hamparan Bukit Menoreh Di Atas Gardu Pandang Kalibiru

Sejenak melepas lelah dengan menikmati indahnya pemandangan bukit menoreh di atas gardu pandang kalibiru. Satu diantara cara menikmati Kulonprogo yang saat ini banyak digemari adalah dengan mendatangi obyek wisata Kalibiru. Kalibiru adalah obyek wisata yang terletak di jajaran perbukitan Menoreh, tepatnya berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Berada di daerah perbukitan Kalibiru memiliki pemandangan yang indah, dan hal tersebut yang menjadi daya tarik utama obyek wisata satu ini. Dari puncak bukit yang ada di dusun Kalibiru, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijaunya wilayah Kabupaten Kuonprogo dan waduk Sermo. Foto dengan latar belakang waduk Sermo di atas menara pandang sebuah pohon adalah kegiatan favorit para pengunjung saat berada di Kalibiru. Menara pandang yang menjadi spot favorit untuk foto tersebut merupakan tempat finish wahana flying fox yang ada di sana. Karena dari tempat tersebut pemandanganya memang bagus, akhirnya banyak pengunjung yang melakukan foto di sana setelah menjajal flying fox.

Menatap Hamparan Bukit Menoreh Di Atas Gardu Pandang KalibiruKarena semakin banyak wisatawan yang ingin foto di spot tersebut, akhirnya pengelola Kalibiru membuat menara pandang di pohon lain untuk memenuhi keinginan para pengunjung. Saat ini ada tiga spot foto yang disediakan pengelola. Dan kesemuanya memiliki latar belakang waduk Sermo. Karena berada di atas pohon, pengunjung yang ingin berfoto di spot tersebut harus memanjat pohon dengan tangga setinggi kurang lebih lima meter.

Anda tidak usah khawatir mengenai keamanan saat foto-foto di atas menara pandang, karena ada perangkat keamanan dan petugas yang menjaga. Karena begitu besarnya antusias pengunjung untuk foto-foto di tempat tersebut, pengelola membatasi waktu selama tiga menit untuk setiap pengunjung. Pengelola juga memberlakukan tarif untuk spot foto. Yakni Rp15 ribu untuk spot foto 1, dan Rp10 ribu untuk spot foto 1 dan 2. Tidak hanya bisa melakukan foto-foto, di Kalibiru pengunjung bisa melakukan beragam kegiatan. Bagi pengunjung yang ingin menginap di Kalibiru, tersedia enam pondokan, dimana setiap pondokan mampu menampung 12 orang. Selain itu juga terdapat dua buah joglo yang bisa digunakan untuk melakukan beragam kegiatan.

Disediakannya pondokan tersebut karena di Kalibiru pengunjung bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset. Keindahan waduk Sermo dan hamparan hijau perbukitan Menorah tidak hanya bisa disaksikan dari menara pandang, tetapi juga dari beberapa gardu pandang yang bisa dicapai dengan treking menyusuri jalan setapak yang sudah dicor. Gardu pandang ini tersebar di empat titik dengan pemandangan utama menghadap Waduk Sermo.

Demi kenyamanan pengunjung, pengelola menyediakan sejumlah fasilitas seperti kamar mandi, musholla, dan beberapa warung yang menyediakan beragam makanan dan minuman.

Post a comment