fbpx

Bus Damri Imogiri-Bandara YIA Beroperasi, Ini Jadwal dan Tarifnya

Dipublikasikan oleh admin pada

Bus Damri dengan jurusan YIA-Imogiri telah beroperasi. Berikut ini adalah tarif dan jadwalnya.
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul membuka rute Damri baru dari Imogiri-Palbapang-Yogyakarta International Airport (YIA). Rute baru itu diharapkan bisa semakin menggairahkan pariwisata di kabupaten tersebut.

“Betul dan rute baru Damri Imogiri-YIA sudah beroperasi sejak kemarin Selasa 10 Januari 2023,” kata Kepala Dishub Bantul Singgih Riyadi kepada detikJateng, Rabu (11/1/2023).

Pembukaan rute itu merujuk surat kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Nomor: 551/541 tentang Permohonan Angkutan PEN/KSPN tertanggal 21 Maret 2022. Selain itu surat Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Nomor: 551/1188 tentang Permohonan Perpanjangan Rute KSPN tertanggal 30 Agustus 2022.

Menurut Singgih, pengoperasian bus Damri tersebut bertujuan untuk mendukung pariwisata di Bantul.

“Karena Bantul merupakan kabupaten yang mempunyai pariwisata yang beragam, baik pantai, pegunungan, hutan, wisata sejarah dan religi. Karena itu Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan dengan adanya peningkatan layanan angkutan umum,” ujarnya.

Terkait rute Damri, Singgih menjelaskan bus berangkat dari makam Raja-raja Mataram di Imogiri-Terminal Palbapang-YIA. Sedangkan jumlah armada yang digunakan sejumlah dua unit dengan kapasitas 14 penumpang.

“Untuk jam operasionalnya dari Imogiri-YIA mulai 04.00-13.00 WIB dan dari YIA-Imogiri mulai 08.00-16.00 WIB,” ucapnya.

Dengan adanya rute baru tersebut, Singgih berharap adanya peningkatan rasio konektivitas angkutan umum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya kawasan pariwisata di Kabupaten Bantul. Apalagi, lanjutnya, tarif Damri rute Imogiri-YIA terbilang cukup terjangkau.

“Tarif Damri Imogiri-YIA Rp 20 ribu. Sebenarnya tarif normal Rp 80 ribu, tapi ini program subsidi dari Kemenhub. Jadi dari tarif Rp 80 ribu disubsidi pemerintah Rp 60 ribu dengan sistem penumpang langsung bayar ke sopir saja,” katanya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *