Tidak dipungkiri kualitas udara di perkotaan memang jauh dari kata bersih. Sebab itu penting untuk selalu mengecek kualitas udara tiap waktu.

itu supaya kita dapat mempersiapkan diri jika harus beraktivitas di luar rumah, seperti salah satunya mengenakan masker. Untuk memantau kualitas udara tiap waktu tidaklah sulit.

5 Aplikasi Cek Kualitas Udara Lewat HP Android dan iPhone
1. IQAir Air Visual
Data dari IQAir kerap dijadikan parameter untuk melihat kualitas udara di sebuah tempat. Kamu bisa melihatnya lewat aplikasi yang dapat diunduh di Android dan iPhone.

Aplikasi ini turut memberikan ramalan polusi udara dan cuaca di lebih dari 10.000 kota di seluruh dunia. Semua ditampilkan dengan grafik yang menarik dan mudah dimengerti.

Informasi kualitas udara di IQAir Air Visual dapat dengan mudah dibagikan ke WhatsApp atau media sosial lainnya.

Selanjutnya aplikasi Nafas dan Udara Kita
2. Nafas
Aplikasi Nafas dibuat oleh mantan Chief Marketing Officer Gojek Piotr Jakubowski bersama Nathan Roestandy. Lewat Nafas kita akan diberikan informasi tingkat polusi di mana pengguna berada.

Informasi tersebut bisa dikirimkan via notifikasi bilamana kualitas udara memburuk. Tak hanya itu aplikasi Nafas memberikan saran apa yang harus pengguna lakukan untuk menghindari polusi guna menjaga kesehatan tubuhnya.

3. UdaraKita
Aplikasi UdaraKita dibuat oleh Greenpeace Indonesia. Lewat aplikasi ini kamu bisa mengetahui kualitas udara yang terjadi dan bagaimana mengantisipasi ancaman berbahaya dari polusi udara di sekitar kamu.

Saat ini lokasi pemantauan utama hanya di Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Bali dan Pekanbaru. Untuk kota lain sedang disiapkan oleh Greenpeace.

Pengguna dapat memberikan laporan terkait kualitas udara di sekitarnya lewat fitur pengaduan yang disediakan aplikasi ini.

Selanjutnya Air Quality dan BreezoMeter
4. Air Quality
Melalui Air Quality, pengguna dapat memantau kualitas udara tempat dia berada dan memeriksa aktivitas mana yang tidak disarankan jika terjadi polusi.

Pengguna bisa membagikan ke media sosial foto tempat dia berada yang dibubuhi informasi kualitas udara.

5. BreezoMeter
Menggunakan machine learning dan kecerdasan buatan untuk menghadirkan informasi soal kualitas udara dan serbuk sari secara akurat dan real time.

Tak hanya itu aplikasi ini memberikan prediksi kualitas udara lima jam ke depan di sebuah lokasi

(afr/afr)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.