PayPal sudah bisa diakses lagi di Indonesia, baik lewat browser maupun aplikasi. Tapi ingat masa akses ini hanya lima hari saja.
PayPal menjadi salah satu layanan yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lantaran belum mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Linkup Privat. Bahkan Kominfo sudah melayangkan surat teguran namun tidak digubris oleh perusahaan pembayaran digital ini.

Terhitung Sabtu (30/7/2022) pukul 00.00 akses PayPal diblokir oleh Kominfo. Hal ini kemudian menimbulkan kegaduhan di media sosial.

Banyak netizen, terutama mereka yang berprofesi sebagai freelance, menjerit. Sebab PayPal digunakan untuk menerima bayaran, belum lagi ada yang uangnya masih tersimpan di sana.

Mendengar jeritan tersebut, Kominfo pada Minggu (31/7/2022) memutuskan untuk membuka kembali akses PayPal. Namun pembukaan akses ini bersifat sementara saja.

“Untuk itu kami menerapkan kebijakan baru kami membuka sementara. Kami harapkan, kami membuka untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk melakukan migrasi agar uangnya tidak hilang. Karena sampai saat ini kami belum berhasil menghubungi PayPal,” kata Semuel Abrijani Pangerapan, DIrjen Aptika Kominfo.

Kominfo membuka akses sementara PayPal selama lima hari kerja, atau hingga Jumat (5/8/2022). Bilamana perusahaan transfer uang dari luar negeri itu mendaftar PSE, maka aksesnya akan dipulihkan.

Saat ini, Kominfo masih memblokir Steam, Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive, Epic Games, Origin dan Yahoo search engine. Dari keenamnya, ada tiga PSE yang sudah berkomunikasi dengan pihak kementerian.

“Jadi sekarang sudah terjadi korespodensi, antara Steam, Dota 2, dan CS: GO. Ini mereka sudah menyatakan sedang memproses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, mereka sudah bisa melengkapi dan juga masyarakat yang pengguna layanan game ini, sudah bisa segera dapat menggunakan kembali,” terang Samuel.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.