Yogyakarta, xtsquare.co.id – Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha harus diketahui umat Islam. Keduanya adalah hari raya yang diperingati setiap tahunnya berdasarkan ketentuan kalender Hijriah. Apa saja perbedaannya? Simak di sini. Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha Pengertian Idul Fitri dan Idul Adha Idul Fitri adalah hari raya umat Islam setelah menjalankan Puasa Ramadan  yang jatuh pada 1 Syawal dalam penanggalan Hijriah. Karena 1 Syawal ditentukan menurut peredaran bulan, maka Idul Fitri atau puasa jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya dari penanggalan Masehi.

Cara penetapan 1 Syawal juga berbeda-beda, sehingga ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal yang berbeda. Sedangkan,  Idul Adha adalah hari memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya, Nabi Ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau 70 hari setelah Idul Fitri. Hari raya Idul Adha dilaksanakan ketika ibadah haji sedang berlangsung. Pilar dan inti dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, sedangkan hari pelaksanaan wukuf dikenal Hari Arafah, yang dimulai pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga terbit fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha

Terdapat beberapa perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha mulai dari cara salat dan sunnahnya, yaitu sebagai berikut:

Durasi takbiran

Idul Fitri dimulai setelah maghrib akhir Ramadan hingga setelah salat Ied. Sedangkan, takbiran Idul Adha dimulai dari setelah subuh pada hari Arafah 9 Dzulhijah hingga akhir hari tasyrik 13 Dzulhijah menjelang Ashar. 

Perbedaan Salat

Pada salat sunnah Idul Fitri sangat meriah. Umat Islam saling bertamu untuk bersilaturahmi saling bermaafan. Sedangkan pada salat sunnah Idul Adha tidak semeriah Idul Fitri dan tidak saling bertamu.  Apa Saja Hal-hal yang Disunnahkan pada Shalat di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha?

Idul Fitri: mandi sebelum salat Idul Fitri, berhias diri dan kesunahan berpakaian saat hari raya Idul Fitri adalah yang terbaik, makan sebelum shalat Idul Fitri adalah sunnah, saling mengucapkan selamat, melewati jalan pergi dan pulang yang berbeda.

Idul Adha: berjalan kaki menuju tempat salat, tidak makan sebelum salat Idul Adha, berangkat salat Idul Adha seawal mungkin dan menyembelih qurban.  Perbedaan Idul Fitri dan Idul Adha dapat dilihat dari waktu dilaksanakannya, perayaannya serta sunnahnya. Semoga dapat dipahami.


2 Comments

Perbedaan Takbir Idul Fitri Dan Idul Adha – quarantinecollection · 27 June 2022 at 5:55 am

[…] Idul Fitri dimulai setelah maghrib akhir Ramadan hingga setelah salat Ied. Sedangkan, takbiran Idul Adha dimulai dari setelah subuh pada hari Arafah 9 Dzulhijah hingga akhir hari tasyrik 13 Dzulhijah menjelang Ashar. via […]

Perbedaan Takbir Idul Fitri Dan Idul Adha – ktudaks · 29 June 2022 at 11:09 am

[…] Idul Fitri dimulai setelah maghrib akhir Ramadan hingga setelah salat Ied. Sedangkan, takbiran Idul Adha dimulai dari setelah subuh pada hari Arafah 9 Dzulhijah hingga akhir hari tasyrik 13 Dzulhijah menjelang Ashar. via […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.