XT Square merupakan lini usaha yang menjadi bagian sebuah holding company yang dikelola oleh BUMD (Perusahaan Daerah) JOGJATAMA VISHESHA. Sesuai dengan amanat Perda Kota Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2010 PD. Jogjatama Vishesha mempunyai ruang lingkup usaha penyediaan saran kegiatan publik, penyewaan aset dan fasilitas pendukung, penyediaan jasa dan usaha lainnya, pembiayaan dalam bidang yanah atau bangunan yang memiliki nilai ekonomis dan telah diubah menjadi PT. Jogjatama Vishesha ( Perseroda) berdasarkan Perda Kota Yogyakarta Nomor 12 Tahun 2020.

PT. Jogjatama Vishesha (Perseroda) didirikan dengan maksud untuk meningkatkan kapasitas dan fleksibilitas perusahaan dalam memperoleh keuntungan dan menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah berdasarkan prinsip pengelolaan tata kelola perusahaan yang baik. 

Berlokasi di bekas Terminal Umbulharjo Yogyakarta diharapkan dapat memecah keramaian yang selama ini tersentralisasi di kawasan Malioboro. Di tengah ketatnya persaingan, PT. Jogjatama Vishesha mampu untuk terus tumbuh dan berkembang serta memberikan kontribusi yang cukup membanggakan bagi masyakarakat kota Yogyakarta.