fbpx

Apa Itu Food Court?

Dipublikasikan oleh admin pada

Saat ini terdapat berbagai macam jenis tempat makan dengan konsep yang semakin menarik, food court salah satunya. Food court adalah tempat makan yang terdiri dari berbagai tenant atau counter yang menawarkan jenis kuliner yang bervariasi.

Istilah food court dalam bahasa Indonesia disebut pujasera alias Pusat Jajanan Serba Ada. Umumnya, berbentuk area makan terbuka dan bersifat informal. Anda bisa menemukan bisnis tempat kuliner di berbagai tempat publik seperti mall, area pertokoan, gedung  perkantoran, hingga universitas dan sekolah.  

Dalam mengelola pujasera, biasanya pemilik gedung menawarkannya kepada pemilik bisnis kuliner maupun kepada perusahaan pengelola properti dan event organizer berpengalaman.

Pujasera terdiri dari dua jenis yang dibedakan berdasarkan cara mengelolanya, antara lain:

Konsep Cepat Saji 

Jenis ini menawarkan konsep makanan cepat saji dengan cara mengarahkan pengunjung untuk langsung memesan makanan atau minuman di counter secara langsung. Seperti namanya, jenis ini menawarkan produk siap saji dengan penyajian maksimal 15 menit.

Biasanya, konsep cepat saji ini lebih banyak ditemui di area yang ramai tetapi tipe pengunjung yang datang memiliki waktu yang terbatas, seperti area perkantoran dan pusat perbelanjaan yang ramai.

Konsep Pesan di Meja Makan

Berbeda dengan konsep cepat saji, konsep ini dapat lebih maksimal dalam hal pelayanannya karena pengunjung bisa langsung pesan di meja makan seperti halnya restoran. Ketika makan di sini, Pins hanya perlu duduk di meja lalu waiter akan mendatangi dengan membawa menu.

Namun, jenis produk yang ditawarkan membutuhkan waktu yang lama hingga disajikan kepada pengunjung. Maka dari itu, pujasera konsep ini sering ditemukan di mall yang dinamis. 

Urban Food Court 

Nah, saat ini dikenal juga urban food court yang merupakan bagian dari pujasera modern. Perbedaannya terletak pada jenis makanan dan konsep yang lebih kekinian. Pada food court konvensional fungsinya pun lebih sebagai tempat makan, berbeda dengan urban food court di mana disediakan fasilitas untuk nongkrong.

Desain bangunannya pun lebih modern dengan spot Instagramable dan menu yang sedang hits saat itu. Artinya, urban food court adalah pujasera yang lebih modern. 


1 Komentar

gralion torile · 8 September 2023 pada 11:47 pm

Hello.This article was extremely motivating, particularly because I was investigating for thoughts on this subject last Thursday.

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *